Gejala Penyakit Gondongan Pada Anak

By | July 6, 2018

Gondongan adalah salah satu penyakit yang rentan sekali menyerang anak-anak, maka untuk itu penting sekali untuk anda mengetahui apa saja gejala penyakit gondongan pada anak ? Berikut silakan di simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Dengan anda mengetahui beberapa gejala tersebut, maka hal buruk yang bisa membahayakan anak anda bisa dihindari. Selain itu, penanganan dan pengobatan yang cepat juga bisa membantu anda dalam mempermudah penyembuhan penyakit ini.

Gejala Penyakit Gondongan Pada Anak

Gejala Penyakit Gondongan Pada Anak

Gondongan adalah salah satu penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan pada leher penderita yang disebabkan oleh virus paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah.

Dimana umumnya anak-anak lebih rentan sekali terserang berbagai macam virus dan bakteri karena daya tahan tubuhnya masih teramat lemah, namun kebanyakan para orang tua tidak menyadari bahwa anaknya tengah mengalami sakit gondongan sampai terjadi pembengkakan pada leher.

Pada umumnya gejala penyakit gondongan baru akan muncul selama 14-25 hari setelah anak terinfeksi virus tersebut, dimana gejala gondongan pada anak awalnya akan ditandai dengan pembengkakan kelenjar parotoid atau kelenjar air liur, kemudian gejala lainnya akan muncul yakni berupa :

  1. Mengalami demam dengan suhu yang melebihi 38 derajat celcius hingga 39.4 derajat yang muncul setelah beberapa hari timbulnya gejala awal.
  2. Nyeri pada perut
  3. Pada bagian yang bengkak sakit saat di sentuh
  4. Akan merasakan sakit sat mengunyah atau menelan makanan karena bengkak pada bagian leher tersebut
  5. Kelelahan dan sakit kepala
  6. Mengalami nyeri sendi dan pegal-pegal terutama pada bagian sisi wajah atau di dekat telinga
  7. Mulut terasa kering
  8. Nafsu akan berkurang

Komplikasi Penyakit Gondongan

Biasanya penyakit gondongan ini jarang menimbulkan komplikasi berbahaya bagi penderitanya, namun pada beberapa kasus tertentu gondongan bisa menimbulkan kerusakan syaraf, kehilangan pendengaran, radang pankreas dan bisa menyebabkan kamtian.

Tidak hanya terjadi pada anak-anak, penyakit gondongan juga dianggap risikan bagi ibu hamil karena bisa meningkatkan resiko keguguran terutama jika masa kehamilan sudah memasuki usia 12-16 minggu. Selain itu, berikut ini ada beberapa komplikasi lain yang bisa terjadi akibat gondongan diantaranya :

  • Meningitis – Adalah kondisi dimana terjadinya peradangan pada selaput yang berada di sekitar sumsum tulang belakang dan otak anak.
  • Pankreatitis – Dimana terjadinya peradangan yang terjadi pada pankreas tandanya berupa nyeri di bagian tengah perut, demam, diare, mual dan hilang nafsu makan.
  • Orchitis – Salah satu peradangan yang terjadi pada testis, biasanya terjadi jika penderita sudah memasuki masa pubertas.
  • Ensenfalitis – Peradangan yang terjadi pada otak, bisa juga terjadi pada encephalitis pada bayi.
  • Pembengkakan Indung Telur – Biasanya kondisi ini terjadi pada penderita yang berjenis kelamin wanita dewasa.

Nah itulah beberapa komplikasi akibat penyakit gondongan yang tidak diatasi dan diobati dengan serius, maka untuk itu segera atasi dan obati ketika anak anda mengalami gejala penyakit gondongan seperti diatas.

( Baca : Obat Penyakit Gondongan Alami )

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih sudah menyimak dan telah berkunjung di halaman sederhana ini !

post by : Site Obat Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *