Waspadai Gejala Dan Penyebab Katarak

Jangan pernah anggap enteng dan sepele katarak pada mata, karena penyakit ini termasuk penyakit mata yang sangat berbahaya sekali bahkan bisa menyebabkan kebutaan ? Maka untuk itu anda perlu waspadai gejala dan penyebab katarak, guna untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi akibat penyakit mata ini.

Berikut ini kami akan berikan anda informasi seputar gejala dan penyebab katarak pada mata, silakan anda simak informasinya !

Waspadai Gejala Dan Penyebab Katarak

Waspadai Gejala Dan Penyebab KatarakKatarak adalah suatu kondisi medis serius yang menyerang mata, dimana lensa mata menjadi keruh, sehingga cahaya tidak dapat menembusnya.

Katarak ini biasanya berlangsung secara perlahan-lahan menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi menimbulkan kebutaan, jika katarak terlalu tebal. Kondisi seperti ini biasanya mempengaruhi kedua mata, akan tetapi hampir selalu satu mata di pengaruhi lebih awal dari yang lain.

Apa Yang Menjadi Penyebab Katarak?

1. Faktor Usia

Faktor usia menjadi salah satu penyebab terbesar terjadinya katarak. Hal ini dikarenakan protein lensa yang Anda miliki semakin hari mengalami penurunan yang signifikan, dipengaruhi oleh pertambahan usia. Selain itu faktor lingkungan dan gaya hidup juga bisa menjadi pemicu terjadinya katarak.

2. Diabetes

Pennyakit diabetes juga menjad salah satu penyebab terjadinya penyakit katarak. Hal ini dikarenakan enzim aldosa reduktasi yang terdapat didalam tubuh para penderita diabetes mampu menimbulkan atau memicu terjadinya penyakit mata katarak.

3. Infeksi

Beberapa jenis infeksi juga bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit katarak, diantaranya kusta, Cysticercosis serta toxoplasmosis. Maka untuk itu, disaat Anda mengalami gejala dar infeksi tersebut segera tangani dan atas dengan baik, sebelum infeksi menyebar luas ke seluruh tubuh termasuk bagian mata.

4. Faktor genetik

Penyakit katarak juga bisa saja terjad akibat dar faktor genetik atau kelainan genetik yang bisa ditularkan dari salah sat anggota keluarga.

Lalu, Apa Saja Ciri-Ciri Dan Gejala Penyakit Katarak?

Dr Rajesh Mishra seorang konsultan Katarak da Glaukoma di Advanced Eye Hospital, Vashi mengatakan. Mata Katarak pada tahap awalnya hanya memiliki efek yang sedikit, disebablkan tergantung dimana letak katarak itu sendiri.

Berikut ini beberapa gejala dari penyakit katarak, diantaranya :

  • Penglihatan tidak fokus – pada melihat suatu objek atau benda, penglihatan cenderung kabur dan warna lensa mata berubah menjadi abu-abu atau tidak jernih.
  • Penglihatan remang-remang – penglihatan menjadi dua kali lebih remang/blur. Saat melihat sinar yang berasa dari lampu, maka disitulah seorang penderita katarak mengalami penglihatan ganda.
  • Lebih sensitif terhadap sinar terang – penderita katarak akan mengalami kepekaan terhadap cahaya yang disertai dengan penglihatanyang remang (blur/tidak jelas).
  • Warna memudar – Mata dengan katarak akan mengalami penglihatan pada warna kian memudar. Setiap warna yang dipandang/dilihat berubah menjadi lebih pudar atau tak seterang aslinya.

Jika gejala diatas anda alami atau rasakan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis mata yang bisa memberikan diagnosis dan merencanakan proses pengobatan anda sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi akibat penyakit mata ini bisa anda hindari.

Anda Juga Perlu Ini : Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Mata Katarak Tanpa Operasi

Demikianlah informasi mengenai gejala dan penyebab katarak ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta menjawab rasa ingin tahu anda.Terimakasih banyak sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana kami ini.

by post : Site Obat Herbal

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *